WiMAX - Peluang yang Terbuka
- Posted: Sunday, August 06, 2006
- |
- Author: pradhana
Kehadiran WiMAX (Worlwide Interoperability for Microwave Access), tak dapat disangkal, mengundang pertentangan dengan 3G, meski sama-sama menyediakan akses broadband nirkabel melalui gelombang udara. Pertanyaannya, mengapa operator membutuhkan WiMAX, padahal mereka sudah memiliki jaringan 3G, yang belakangan didukung oleh HSDPA/HSUPA, bahkan LTE atau Super 3G. Sebaliknya, operator pun mempertanyakan mengapa mereka harus menerapkan jaringan 3G yang mahal, kalau ada WiMAX yang lebih murah dibandingkan 3G?
Namun, banyak juga yang melihat WiMAX dan 3G tak saling bertentangan, tapi saling melengkapi. WiMAX ditujukan untuk pengguna nomadik dan tetap yang membutuhkan kecepatan transmisi data tinggi, sementara 3G untuk mereka yang membutuhkan mobilitas, tetapi transmisi data yang lebih rendah. DoCoMo malah berusaha mengintegrasikan kedua teknologi, sehingga dapat saling berkomunikasi dengan mudah pada kecepatan tinggi.
Ke depan, WiMAX diperkirakan akan memiliki keunggulan dalam memberikan layanan konvergen dan mendukung mobilitas. Saat ini, untuk jarak dekat, Wi-FI dapat diandalkan sebagai teknologi komunikasi data kecepatan tinggi. Nantinya, justru WiMAX yang akan menutup jangkauan yang lebih luas.
WiMAX diperkirakan mampu menghubungkan hotspot Wi-Fi, sebagaimana akan diterapkan di Tokyo dimana 30.000 hotspot akan dihubungkan dengan 3.000 base station WiMAX. Dengan kualitas dan ketersediaan layanannya, WiMAX diharapkan mampu meningkatkan layanan suara dan data berkualitas tinggi di hotspot.
Yang menarik, ujar Graham Currier, Director Wireless, Pipex Communications, WiMAX dapat menyediakan berbagai tingkat layanan untuk klien yang berbeda-beda dengan kecepatan puncak hingga 20Mbps, dan kecepatan rata-rata pengguna 1Mbps hingga 4Mbps. Hal ini memungkinkan operator mampu menyediakan layanan yang berbeda-beda yang dibutuhkan pengguna dengan harga yang juga berbeda.
Akhir tahun ini diperkirakan laptop dan berbagai perangkat bergerak berkemampuan WiMAX sudah akan tersedia. Tahun 2008 sekitar 10 juta laptop WiMAX akan dikapalkan. Dengan begitu, pengguna laptop atau perangkat bergerak (smartphone, PDA) yang berada di kawasan di mana layanan hotspot Wi-Fi tak tersedia, maka WiMAX dapat melayaninya.
Namun, untuk kepentingan indoor, dimana WiMAX dan HSDPA sedikit lemah, mungkin Wi-FI dapat menggantikannya. Meskipun WiMAX terkategori sebagai fixed wireless access, namun ke depan tampaknya akan muncul Mobile WiMAX (2008), dimana standarnya baru saja diratifikasi. Motorola, Nokia dan Intel sebagian dari pendukung Mobile WiMAX (802.16e).
Berbeda dari negara-negara lainnya, Korea Selatan menerapkan standar WiMAX-nya sendiri yang dikenal dengan WiBro (Wireless Broadband). WiBro diterapkan oleh empat operator - Dacom, Korean Telecom (KT), SK Telecom, dan Hanaro Telecom.
Popularitas WiMax, menurut Infonetics, akan jauh meningkat dalam tiga tahun ke depan, meski belum akan mendekat ke Wi-Fi. Betapapun pendapatannya akan meningkat dari USD142 juta tahun ini menjadi USD1,6 miliar tahun 2009, tetapi masih berada di belakang Wi-Fi yang mencapai USD2,4 miliar. Akhir dekade ini, diprediksi pendapatan Wi-Fi akan mencapai USD3,9 miliar. Wi-Fi memang telah lebih dahulu populer dan banyak digunakan, terutama karena biaya penerapannya jauh lebih murah.
Dilihat dari pelanggan, hingga tahun 2010 jumlah pelanggan WiMAX diperkirakan akan mencapai 15 juta, ujar Monica Polini, analis firma riset nirkabel Senza Fili Consulting.
Ke depan, sejumlah pengamat memperkirakan bahwa WiMax akan menjadi teknologi kunci masa depan bagi penyediaan layanan-layanan baru, baik suara, data maupun video dengan kecepatan tinggi. Selain layanannya yang jauh lebih cepat, juga mampu menghemat biaya jika dibandingkan 3G.
"Kami memrediksi bahwa WiMax akan menjadi bagian paling penting dari perkembangan jaringan bergerak (mobile networks). WiMAX akan menguasai 16 persen pelanggan, dan 16 persen belanja model (capital expenditure) jaringan bergerak kecepatan tinggi di tahun 2011," ujar Ian Cox, analis TelecomView.
Search-
Google Reader-
Blogging For Business-
Internet Business-
Recommended Links-
E-Commerce Optimization-
FastPitch, NiceOffers-
Sponsor Ad-
Blog Feeds-
You Are The Visitor No:-
Categories-
- 3G dan 4G (23)
- 3G Femtocell (8)
- Ad Spending (53)
- Ad Trends (6)
- Advertising (58)
- Advertising Metrics (3)
- Apple (28)
- Assets Management (2)
- Biometric Passport (1)
- BlackBerry (11)
- Blogging (9)
- Bluetooth (8)
- Brand and Branding (8)
- Broadband (45)
- Business Analysis (100)
- China (20)
- China Mobile (1)
- Commercial Telematics (1)
- Consumer Spending (1)
- Content Business (3)
- Cybercriminal (1)
- Data Security (2)
- Digital Content (106)
- Digital Home (2)
- e-Commerce (25)
- Enterprise 2.0 (1)
- Facebook (13)
- Friendster (1)
- Gadget (11)
- Global Ads Alliance (3)
- Going Green (1)
- Google (39)
- Google Ad Planner (2)
- Google Adwords (1)
- Google Android (10)
- Google Chrome (3)
- GPS (1)
- Handsets (13)
- Home Theater (1)
- HSDPA (2)
- HTC (2)
- Huawei (1)
- In-Game Ads. (1)
- India (10)
- Instant Messaging (3)
- Internet (26)
- Internet Advertising (139)
- Internet Explorer (1)
- Internet Users (30)
- iPad (1)
- iPhone (28)
- iPhone 3G (1)
- iPhone Advertising (5)
- iPod (5)
- IPTV (18)
- IT Business (3)
- IT Security (2)
- iTunes (4)
- Linux (5)
- Market Survey (306)
- Marketing (42)
- Media Market (7)
- Merger-Acquisition (29)
- Microsoft (21)
- Miscellaneous (76)
- Mobile Ads Revenue (10)
- Mobile Advertisers (2)
- Mobile Advertising (94)
- Mobile Applications (3)
- Mobile Broadband (4)
- Mobile Browser (1)
- Mobile Browsing (1)
- Mobile Business (7)
- Mobile Consumers (2)
- Mobile Content (90)
- Mobile Data (3)
- Mobile Data Revenue (2)
- Mobile Digital Media (5)
- Mobile Entertainment (1)
- Mobile Gaming (5)
- Mobile Market (20)
- Mobile Marketing (3)
- Mobile Messaging (1)
- Mobile Payments (2)
- Mobile Services (119)
- Mobile Shopping (1)
- Mobile Social Network (23)
- Mobile Technologies (1)
- Mobile TV (28)
- Mobile Video (14)
- Mobile Video Ads (2)
- Mobile Video Market (11)
- Mobile Widgets (5)
- Mobile-PRIZM (1)
- Motorola (10)
- MySpace (28)
- Netbook (1)
- New Format (2)
- New Trends (1)
- Nokia (28)
- Online Advertising (95)
- Online Banking (1)
- Online Business (8)
- Online buyers (1)
- Online Gaming (9)
- Online Services (176)
- Online Shopping (4)
- Online Spending (4)
- Online Travel (1)
- Online TV (3)
- Online Video (23)
- Online Video Ads. (16)
- Opera (3)
- PayPal (2)
- Phishing (2)
- PNDs (4)
- Podcasting (8)
- Premier Ultimate (1)
- Qualcomm (4)
- RFID (4)
- Samsung (2)
- Skymarket (1)
- Smartphone (12)
- SMS-based Advertising (1)
- Social Media (3)
- Social Network (39)
- Social Network Marketing (2)
- Sony Ericsson (5)
- Target and Segmentation (2)
- Texting (3)
- Ultra Wideband (5)
- User-Generated Content (2)
- Verizon Wireless (2)
- Video Game (1)
- Video on Demand (5)
- Video Surveillance (2)
- VoIP (15)
- Web 2.0 (9)
- Web Marketing (1)
- White Space (19)
- Wi-Fi (16)
- WiMAX (11)
- Windows Mobile (3)
- Wireless Market (7)
- Wireless Services (45)
- Yahoo (31)
- You Tube (24)
Blog Archive-
Lemon Twist Blogger Template is an extremely beautiful blogger template created by JackBook.Com based on Lemon Twist Wordpress themes by farfromfearless.com. Thanks to Chris Murphy and Jacky Supit for this great template.
- Copyright © 2008-2011 ICT & Internet Business. All Rights Reserved. Powered by Blogger
- Back To Top
- Log in
- Blogger
- Home
Recent Comments-