Trans TV Ungguli RCTI Dalam Perolehan Iklan
- Posted: Saturday, August 05, 2006
- |
- Author: pradhana
Bisnis Indonesia pagi ini (5/8) memberitakan pembelian 49% saham TV7, yang dinilai memiliki pasar tersendiri, sehingga antara keduanya akan mampu membangun sinergi lebih positif di masa datang. Namun, yang lebih menarik, Trans TV, meski sebagai stasiun TV baru, terbukti mampu menunjukkan keunggulannya, terutama dari kue iklan nasional.
Menurut Nielsen Media Research bahwa untuk Semester I/2006 Trans TV mampu memperoleh 165.253 slot iklan di atas yang diperoleh RCTI 157.948 slot. Sementara TV7 sendiri berada di urutan ketiga dengan 128.871 slot. Tahun lalu, Trans TV berada di posisi kedua setelah RCTI. Namun dengan posisinya di semester I ini semakin menunjukkan bahwa Trans TV mengalami peningkatan, meski untuk tahun ini masih harus dibuktikan oleh perolehan Semester II.
Tahun ini, total belanja iklan media nasional diperkirakan sebesar 13,64 triliun rupiah, dimana 68% dari total belanja itu atau lebih dari 9 triliun dikuasai oleh televisi. Posisi yang diraih Trans TV dan TV7 ini semakin menunjukkan bahwa stasiun-stasiun TV baru tak bisa dianggap enteng.
Selama ini, Trans TV maupun TV7 banyak menonjolkan program-program buatan sendiri ditambah pilihan selektif film-film asing. Penampilan program buatan sendiri, terutama Trans TV yang banyak berkutat dengan segmen remaja dan anak muda, seperti Extravaganza, ExtravaganzABG, tampaknya menjadi revenue stream tersendiri. Begitu juga program-program kreatif, baik yang terkait dengan segmen-segmen khusus petualangan, perjalanan dan program live ternyata banyak diminati.
Hal ini mungkin perlu menjadi perhatian stasiun TV lain, seperti Indosiar dan SCTV bahwa terjadi pergeseran minat di kalangan pemirsa TV nasional. Berbagai reality show belakangan ini juga menunjukkan cerita sukses, seperti yang ditayangkan RCTI. Ke depan, stasiun TV nasional yang akan meningkatkan daya saingnya perlu membangun kreativitas lebih untuk menonjolkan program-program buatan sendiri yang lebih mewakili kebutuhan pemirsa.
Namun, yang penting, bagaimana program tersebut bisa mendorong kecerdasan, keluasan dan menambah pengalaman pemirsanya, bukan justru berkutat dengan program yang sukses di stasiun TV lain lalu menjadi program “me too”. Tak jarang, malah tak memberi ruang pemirsa lebih cerdas, karena disuguhi tayangan-tayangan yang “menumpulkan” logika hanya untuk kepentingan memperpanjang tayangan. Mestinya bisa lebih kreatif, karena pemirsa sekarang ini lebih pintar memilih.
Mungkin apa yang ditunjukkan Trans TV bisa menjadi benchmark ke depan. Tapi, dalam istilah Tom Peters bukan benchmark, namun yang lebih tepat adalah futuremark.
Search-
Google Reader-
Blogging For Business-
Internet Business-
Recommended Links-
E-Commerce Optimization-
FastPitch, NiceOffers-
Sponsor Ad-
Blog Feeds-
You Are The Visitor No:-
Categories-
- 3G dan 4G (23)
- 3G Femtocell (8)
- Ad Spending (53)
- Ad Trends (6)
- Advertising (58)
- Advertising Metrics (3)
- Apple (28)
- Assets Management (2)
- Biometric Passport (1)
- BlackBerry (11)
- Blogging (9)
- Bluetooth (8)
- Brand and Branding (8)
- Broadband (45)
- Business Analysis (100)
- China (20)
- China Mobile (1)
- Commercial Telematics (1)
- Consumer Spending (1)
- Content Business (3)
- Cybercriminal (1)
- Data Security (2)
- Digital Content (106)
- Digital Home (2)
- e-Commerce (25)
- Enterprise 2.0 (1)
- Facebook (13)
- Friendster (1)
- Gadget (11)
- Global Ads Alliance (3)
- Going Green (1)
- Google (39)
- Google Ad Planner (2)
- Google Adwords (1)
- Google Android (10)
- Google Chrome (3)
- GPS (1)
- Handsets (13)
- Home Theater (1)
- HSDPA (2)
- HTC (2)
- Huawei (1)
- In-Game Ads. (1)
- India (10)
- Instant Messaging (3)
- Internet (26)
- Internet Advertising (139)
- Internet Explorer (1)
- Internet Users (30)
- iPad (1)
- iPhone (28)
- iPhone 3G (1)
- iPhone Advertising (5)
- iPod (5)
- IPTV (18)
- IT Business (3)
- IT Security (2)
- iTunes (4)
- Linux (5)
- Market Survey (306)
- Marketing (42)
- Media Market (7)
- Merger-Acquisition (29)
- Microsoft (21)
- Miscellaneous (76)
- Mobile Ads Revenue (10)
- Mobile Advertisers (2)
- Mobile Advertising (94)
- Mobile Applications (3)
- Mobile Broadband (4)
- Mobile Browser (1)
- Mobile Browsing (1)
- Mobile Business (7)
- Mobile Consumers (2)
- Mobile Content (90)
- Mobile Data (3)
- Mobile Data Revenue (2)
- Mobile Digital Media (5)
- Mobile Entertainment (1)
- Mobile Gaming (5)
- Mobile Market (20)
- Mobile Marketing (3)
- Mobile Messaging (1)
- Mobile Payments (2)
- Mobile Services (119)
- Mobile Shopping (1)
- Mobile Social Network (23)
- Mobile Technologies (1)
- Mobile TV (28)
- Mobile Video (14)
- Mobile Video Ads (2)
- Mobile Video Market (11)
- Mobile Widgets (5)
- Mobile-PRIZM (1)
- Motorola (10)
- MySpace (28)
- Netbook (1)
- New Format (2)
- New Trends (1)
- Nokia (28)
- Online Advertising (95)
- Online Banking (1)
- Online Business (8)
- Online buyers (1)
- Online Gaming (9)
- Online Services (176)
- Online Shopping (4)
- Online Spending (4)
- Online Travel (1)
- Online TV (3)
- Online Video (23)
- Online Video Ads. (16)
- Opera (3)
- PayPal (2)
- Phishing (2)
- PNDs (4)
- Podcasting (8)
- Premier Ultimate (1)
- Qualcomm (4)
- RFID (4)
- Samsung (2)
- Skymarket (1)
- Smartphone (12)
- SMS-based Advertising (1)
- Social Media (3)
- Social Network (39)
- Social Network Marketing (2)
- Sony Ericsson (5)
- Target and Segmentation (2)
- Texting (3)
- Ultra Wideband (5)
- User-Generated Content (2)
- Verizon Wireless (2)
- Video Game (1)
- Video on Demand (5)
- Video Surveillance (2)
- VoIP (15)
- Web 2.0 (9)
- Web Marketing (1)
- White Space (19)
- Wi-Fi (16)
- WiMAX (11)
- Windows Mobile (3)
- Wireless Market (7)
- Wireless Services (45)
- Yahoo (31)
- You Tube (24)
Blog Archive-
Lemon Twist Blogger Template is an extremely beautiful blogger template created by JackBook.Com based on Lemon Twist Wordpress themes by farfromfearless.com. Thanks to Chris Murphy and Jacky Supit for this great template.
- Copyright © 2008-2011 ICT & Internet Business. All Rights Reserved. Powered by Blogger
- Back To Top
- Log in
- Blogger
- Home
Recent Comments-