Mobile VoIP
- Posted: Sunday, August 06, 2006
- |
- Author: pradhana
Voice over Internet Protocol (VoIP) kini tak lagi bisa diabaikan. Atau, kalangan operator masih menyangkal kehadirannya dengan mengatakan bahwa pasar VoIP masih belum besar, dan kualitas suaranya tidak lebih baik dibandingkan jaringan PSTN.
Namun, sejumlah perusahaan baru penyedia layanan VoIP, khususnya untuk komunikasi internasional, terbukti menuai untung besar. Mungkin Anda masih ingat Skype Technologies SA, perusahaan penyedia layanan internet teleponi peer-to-peer (P2P) asal Luxembourg. Skype didirikan oleh Niklas Zennström dan Janus Friis, pencipta KaZaA. Keberhasilan Skype, akhirnya mendorong eBay mengakuisisi Skype seharga USD2,6 miliar September 2005 dan masih ditambah USD1,5 miliar jika tahun 2008 Skype mampu mencapai target tertentu.
Di sisi lain, saat ini, operator telekomunikasi bergerak malah membeli wholesale VoIP dari iBasis, Level 3 Communications dan Global Crossing guna merouting layanan sambungan internasional mereka ke dalam jaringan IP. Tujuannya untuk melindungi pangsa pasar mereka dalam bisnis sambungan internasional, dimana untuk jalur tertentu, biaya panggilannya turun 70%, begitu juga biaya airtime-nya.
iBasis, yang masuk dalam sepuluh besar penyedia layanan wholesale VoIP global, ternyata mampu menghasilkan nilai transaksi sebesar 7,7 miliar menit sambungan VoIP. Sementara Skype, mampu meraih 75 juta pelanggan sejak diluncurkan Agustus 2003.
Di Amerika, Februari lalu, muncul iSkootMobile, penyedia layanan mobile VoIP yang menggunakan teknologi P2P berbasis koneksi VoIP. iSkootMobile membawa layanan internet telephoni Skype untuk disampaikan ke pengguna telepon bergerak. Belakangan, Cingular juga bergabung dengan iSkootMobile untuk menyediakan layanan panggilan P2P yang lebih murah, yakni cukup dengan menginstal free client software ke ponsel pelanggan.
Kini, Mobile VoIP tengah merambah jalan keberhasilannya. Ini dibuktikan dengan banyaknya operator yang mulai terlibat. Lihat saja, Hutchison, yang telah masuk ke dalam gerbong VoIP. Hutchison bekerjasama dengan Skype untuk menyediakan layanan Mobile VoIP melalui jaringan 3G miliknya guna melayani setidaknya delapan pasar dan dibundel dengan layanan Hutchison dengan harga layanan flat. Dengan 3 juta pelanggan Huchison dan 75 juta pelanggan Skype, ini merupakan penggabungan potensi yang patut diperhitungkan.
Pertumbuhan Mobile VoIP tampaknya meningkat tajam, terutama dengan tersedianya handset berkemampuan dual-mode Wi-Fi/GSM (juga WiMAX/CDMA), yang diperkirakan banyak analis akan menjadi kunci keberhasilan Mobile VoIP. Nokia, Motorola, Samsung dan LG merupakan produsen ponsel dunia yang akan banyak mendukung perkembangan Mobile VoIP, termasuk Mobile WiMAX.
Ditambah lagi, roaming antara jaringan selular dengan Wireless LAN/VoIP akan menghemat biaya konsumen, dan biaya airtime melalui jaringan IP lebih rendah dari biaya airtime selular, sehingga biaya layanannya akan semakin murah.
“Jika Mobile TV, video streaming, musik dan multiplayer mobile games merupakan layanan-layanan yang sangat mendorong diterapkannya jaringan berkecepatan tinggi, seperti WiMAX, maka Mobile VoIP tampaknya akan menjadi killer applications bagi 3G,” ujar Janice Chong, manajer industri pada Frost & Sullivan, yang melakukan riset tentang komunikasi bergerak dan nirkabel.
Saat ini, Mobile VoIP mulai menanjak di pasar selular mature sebagaimana terlihat di Korea Selatan, Hong-Kong, Taiwan dan Singapura. Mereka justru sudah bergerak ke FMC (Fixed-Mobile Convergence). Itulah mengapa Mobile VoIP diperkirakan akan mensubstitusi layanan fixed-ke-mobile. Ini juga diperlihatkan oleh iSkootMobile, yang memungkinkan pengguna menghubungkan ponsel mereka ke jaringan komputer PC untuk membuat dan menerima panggilan VoIP tanpa perlu menggunakan telepon khusus atau hotspot Wi-Fi.
Tetapi, bagi pasar-pasar dengan pertumbuhan tinggi, seperti Malaysia, Indonesia, Thailand dan India, Mobile VoIP mungkin akan menjadi ancaman, apalagi para operator mobile jelas tak mau kehilangan pasar suara yang telah dimilikinya saat ini.
Related story:
Calls to any phone around the Globe
Search-
Google Reader-
Blogging For Business-
Internet Business-
Recommended Links-
E-Commerce Optimization-
FastPitch, NiceOffers-
Sponsor Ad-
Blog Feeds-
You Are The Visitor No:-
Categories-
- 3G dan 4G (23)
- 3G Femtocell (8)
- Ad Spending (53)
- Ad Trends (6)
- Advertising (58)
- Advertising Metrics (3)
- Apple (28)
- Assets Management (2)
- Biometric Passport (1)
- BlackBerry (11)
- Blogging (9)
- Bluetooth (8)
- Brand and Branding (8)
- Broadband (45)
- Business Analysis (100)
- China (20)
- China Mobile (1)
- Commercial Telematics (1)
- Consumer Spending (1)
- Content Business (3)
- Cybercriminal (1)
- Data Security (2)
- Digital Content (106)
- Digital Home (2)
- e-Commerce (25)
- Enterprise 2.0 (1)
- Facebook (13)
- Friendster (1)
- Gadget (11)
- Global Ads Alliance (3)
- Going Green (1)
- Google (39)
- Google Ad Planner (2)
- Google Adwords (1)
- Google Android (10)
- Google Chrome (3)
- GPS (1)
- Handsets (13)
- Home Theater (1)
- HSDPA (2)
- HTC (2)
- Huawei (1)
- In-Game Ads. (1)
- India (10)
- Instant Messaging (3)
- Internet (26)
- Internet Advertising (139)
- Internet Explorer (1)
- Internet Users (30)
- iPad (1)
- iPhone (28)
- iPhone 3G (1)
- iPhone Advertising (5)
- iPod (5)
- IPTV (18)
- IT Business (3)
- IT Security (2)
- iTunes (4)
- Linux (5)
- Market Survey (306)
- Marketing (42)
- Media Market (7)
- Merger-Acquisition (29)
- Microsoft (21)
- Miscellaneous (76)
- Mobile Ads Revenue (10)
- Mobile Advertisers (2)
- Mobile Advertising (94)
- Mobile Applications (3)
- Mobile Broadband (4)
- Mobile Browser (1)
- Mobile Browsing (1)
- Mobile Business (7)
- Mobile Consumers (2)
- Mobile Content (90)
- Mobile Data (3)
- Mobile Data Revenue (2)
- Mobile Digital Media (5)
- Mobile Entertainment (1)
- Mobile Gaming (5)
- Mobile Market (20)
- Mobile Marketing (3)
- Mobile Messaging (1)
- Mobile Payments (2)
- Mobile Services (119)
- Mobile Shopping (1)
- Mobile Social Network (23)
- Mobile Technologies (1)
- Mobile TV (28)
- Mobile Video (14)
- Mobile Video Ads (2)
- Mobile Video Market (11)
- Mobile Widgets (5)
- Mobile-PRIZM (1)
- Motorola (10)
- MySpace (28)
- Netbook (1)
- New Format (2)
- New Trends (1)
- Nokia (28)
- Online Advertising (95)
- Online Banking (1)
- Online Business (8)
- Online buyers (1)
- Online Gaming (9)
- Online Services (176)
- Online Shopping (4)
- Online Spending (4)
- Online Travel (1)
- Online TV (3)
- Online Video (23)
- Online Video Ads. (16)
- Opera (3)
- PayPal (2)
- Phishing (2)
- PNDs (4)
- Podcasting (8)
- Premier Ultimate (1)
- Qualcomm (4)
- RFID (4)
- Samsung (2)
- Skymarket (1)
- Smartphone (12)
- SMS-based Advertising (1)
- Social Media (3)
- Social Network (39)
- Social Network Marketing (2)
- Sony Ericsson (5)
- Target and Segmentation (2)
- Texting (3)
- Ultra Wideband (5)
- User-Generated Content (2)
- Verizon Wireless (2)
- Video Game (1)
- Video on Demand (5)
- Video Surveillance (2)
- VoIP (15)
- Web 2.0 (9)
- Web Marketing (1)
- White Space (19)
- Wi-Fi (16)
- WiMAX (11)
- Windows Mobile (3)
- Wireless Market (7)
- Wireless Services (45)
- Yahoo (31)
- You Tube (24)
Blog Archive-
Lemon Twist Blogger Template is an extremely beautiful blogger template created by JackBook.Com based on Lemon Twist Wordpress themes by farfromfearless.com. Thanks to Chris Murphy and Jacky Supit for this great template.
- Copyright © 2008-2011 ICT & Internet Business. All Rights Reserved. Powered by Blogger
- Back To Top
- Log in
- Blogger
- Home
Recent Comments-