Konvergensi dan Mobilitas
- Posted: Monday, August 07, 2006
- |
- Author: pradhana
Konvergensi dan mobilitas merupakan dua isu penting yang mendorong perkembangan teknologi infokom dunia belakangan ini. Konvergensi tak hanya terkait dengan bertemunya teknologi informasi, telekomunikasi dan media, melainkan memunculkan peluang kolaborasi bisnis melalui berbagai layanan dan produk baru, yang akan menghasilkan triliunan pendapatan baru.
Fenomena konvergensi ini juga berdampak terhadap kehidupan manusia, baik dalam bekerja, belajar maupun menikmati hiburan di dalam maupun di luar rumah atau kantor.
Lihat saja perkembangan teknologi konsumen belakangan ini yang terus meningkat, mulai dari instant messaging (IM), blogs, wikis, Skype dan lainnya yang telah menciptakan berbagai platform baru dalam berkomunikasi dan berkolaborasi. IPTV, Mobile VoIP, Mobile TV, HSDPA dan WiMAX muncul sebagai teknologi infokom baru paling berpengaruh.
VoIP, yang oleh analis industri diperkirakan nilai pasarnya mencapai USD1 triliun tahun 2010, merupakan kontributor layanan konvergensi yang signifikan. Penghasil pendapatan tinggi lainnya adalah enterprise collaboration software, IPTV, konten telepon selular, networked games, dan musik online.
Mobilitas
Konvergensi juga mendorong mobilitas, yang memungkinkan pengguna mengakses berbagai layanan baru melalui beragam perangkat bergerak, salah satunya yang paling popular adalah telepon bergerak. Asia, merupakan salah satu kawasan dimana penterasi mobile meningkat cukup tinggi.
Di Cina daratan jumlah pengguna ponsel melonjak drastis dari 398 juta orang (2005), meningkat menjadi 415 juta (2006), dengan tingkat pertambahan sekitar 5 juta orang per bulan.Di India, jumlah pelanggan tumbuh rata-rata 5 juta per bulan, dan bulan lalu jumlahnya mencapai lebih dari 101 juta orang. Jumlahnya diperkirakan akan meningkat menjadi 250 juta pelanggan (2007) dan diperkirakan akan mencapai 500 juta pelanggan (2010).
Singapura, dengan populasi sekitar 4,5 juta orang, penetrasi pengguna ponselnya mencapai 99,1%. Sedang pelanggan 3G-nya telah mencapai 220.500 orang (Januari 2006), atau sepuluh kali lipat dari tahun 2005.
Di Indonesia, seperti dituturkan Kiskenda Suriahardja, Direktur Utama Telkomsel, wakil pembicara dari Indonesia pada acara CommunicAsia Summit 2006 di Raffles City Convention Centre – Singapura (20/6), jumlah pengguna selular di Indonesia per Maret 2006 mencapai 62,5 juta, sementara penetrasinya sekitar 49,6 juta (22% dari populasi Indonesia).
Dengan pertumbuhan rata-rata 67% dalam 5 tahun terakhir, diperkirakan jumlahnya akan mencapai sekitar 100-120 juta tahun 2010. Meski, di antara negara-negara di Asia Pasifik, prosentase penetrasi selular di Indonesia masih terbilang kecil bila dibandingkan Hongkong yang mencapai 106%, Singapore 98%, Australia 95%, Korea 79%, Malaysia 75%, Thailand 48%, Filipina 40%, dan Cina 30%.
Kebutuhan terhadap perangkat komunikasi personal ini telah mendorong peningkatan jumlah ponsel yang yang digunakan di seluruh dunia, yang saat ini diperkirakan telah mencapai 2 miliar unit. Tahun 2008 jumlahnya diperkirakan akan mencapai 3 miliar unit.
Ke depan, seiring menguatnya konvergensi dan mobilitas, serta hadirnya sejumlah teknologi baru, semakin menyemarakkan persaingan tidak saja di kalangan operator telekomunikasi, melainkan juga di kalangan pemanufaktur dan penyedia konten. Lima teknologi infokom (dan layanan) baru diperkirakan akan masuk ke pasar mainstream: IPTV, Mobile VoIP, Mobile TV, HSDPA, dan WiMAX.
Search-
Google Reader-
Blogging For Business-
Internet Business-
Recommended Links-
E-Commerce Optimization-
FastPitch, NiceOffers-
Sponsor Ad-
Blog Feeds-
You Are The Visitor No:-
Categories-
- 3G dan 4G (23)
- 3G Femtocell (8)
- Ad Spending (53)
- Ad Trends (6)
- Advertising (58)
- Advertising Metrics (3)
- Apple (28)
- Assets Management (2)
- Biometric Passport (1)
- BlackBerry (11)
- Blogging (9)
- Bluetooth (8)
- Brand and Branding (8)
- Broadband (45)
- Business Analysis (100)
- China (20)
- China Mobile (1)
- Commercial Telematics (1)
- Consumer Spending (1)
- Content Business (3)
- Cybercriminal (1)
- Data Security (2)
- Digital Content (106)
- Digital Home (2)
- e-Commerce (25)
- Enterprise 2.0 (1)
- Facebook (13)
- Friendster (1)
- Gadget (11)
- Global Ads Alliance (3)
- Going Green (1)
- Google (39)
- Google Ad Planner (2)
- Google Adwords (1)
- Google Android (10)
- Google Chrome (3)
- GPS (1)
- Handsets (13)
- Home Theater (1)
- HSDPA (2)
- HTC (2)
- Huawei (1)
- In-Game Ads. (1)
- India (10)
- Instant Messaging (3)
- Internet (26)
- Internet Advertising (139)
- Internet Explorer (1)
- Internet Users (30)
- iPad (1)
- iPhone (28)
- iPhone 3G (1)
- iPhone Advertising (5)
- iPod (5)
- IPTV (18)
- IT Business (3)
- IT Security (2)
- iTunes (4)
- Linux (5)
- Market Survey (306)
- Marketing (42)
- Media Market (7)
- Merger-Acquisition (29)
- Microsoft (21)
- Miscellaneous (76)
- Mobile Ads Revenue (10)
- Mobile Advertisers (2)
- Mobile Advertising (94)
- Mobile Applications (3)
- Mobile Broadband (4)
- Mobile Browser (1)
- Mobile Browsing (1)
- Mobile Business (7)
- Mobile Consumers (2)
- Mobile Content (90)
- Mobile Data (3)
- Mobile Data Revenue (2)
- Mobile Digital Media (5)
- Mobile Entertainment (1)
- Mobile Gaming (5)
- Mobile Market (20)
- Mobile Marketing (3)
- Mobile Messaging (1)
- Mobile Payments (2)
- Mobile Services (119)
- Mobile Shopping (1)
- Mobile Social Network (23)
- Mobile Technologies (1)
- Mobile TV (28)
- Mobile Video (14)
- Mobile Video Ads (2)
- Mobile Video Market (11)
- Mobile Widgets (5)
- Mobile-PRIZM (1)
- Motorola (10)
- MySpace (28)
- Netbook (1)
- New Format (2)
- New Trends (1)
- Nokia (28)
- Online Advertising (95)
- Online Banking (1)
- Online Business (8)
- Online buyers (1)
- Online Gaming (9)
- Online Services (176)
- Online Shopping (4)
- Online Spending (4)
- Online Travel (1)
- Online TV (3)
- Online Video (23)
- Online Video Ads. (16)
- Opera (3)
- PayPal (2)
- Phishing (2)
- PNDs (4)
- Podcasting (8)
- Premier Ultimate (1)
- Qualcomm (4)
- RFID (4)
- Samsung (2)
- Skymarket (1)
- Smartphone (12)
- SMS-based Advertising (1)
- Social Media (3)
- Social Network (39)
- Social Network Marketing (2)
- Sony Ericsson (5)
- Target and Segmentation (2)
- Texting (3)
- Ultra Wideband (5)
- User-Generated Content (2)
- Verizon Wireless (2)
- Video Game (1)
- Video on Demand (5)
- Video Surveillance (2)
- VoIP (15)
- Web 2.0 (9)
- Web Marketing (1)
- White Space (19)
- Wi-Fi (16)
- WiMAX (11)
- Windows Mobile (3)
- Wireless Market (7)
- Wireless Services (45)
- Yahoo (31)
- You Tube (24)
Blog Archive-
Lemon Twist Blogger Template is an extremely beautiful blogger template created by JackBook.Com based on Lemon Twist Wordpress themes by farfromfearless.com. Thanks to Chris Murphy and Jacky Supit for this great template.
- Copyright © 2008-2011 ICT & Internet Business. All Rights Reserved. Powered by Blogger
- Back To Top
- Log in
- Blogger
- Home
Recent Comments-