ICT and Internet Business is an Independent Blog Focusing on ICT and Internet Business, eBusiness, Digital Media, Online Advertising, Internet Marketing, Mobile and Wireless, etc.

82% Pembeli Mobil Baru di Amerika Pengunjung Google

  • Posted: Tuesday, August 08, 2006
  • |
  • Author: pradhana

Biasanya, sebagaimana terjadi dalam praktik periklanan konvensional, pemasangan suatu iklan dianggap tepat kalau masuk atau berada dalam komunitas di mana produk atau jasa dari yang diiklankan. Misalnya, untuk menjaring pembeli mobil, baik para penjual, perusahaan pengiklan dan agensi periklanan juga akan menyarakan bahwa iklan-iklannya seharusnya ditampilkan di media (koran, majalah) atau situs khusus otomotif. Ini sudah menjadi mindset yang umum dipraktikkan. Tak jarang, para pemasang iklan akan menolak jika pemasangan iklannya tidak sesuai dengan “komunitas” yang dituju, yang bersifat spesifik.

Namun laporan kajian J.D. Power "Online Media Study 2006" menunjukkan hal yang berbeda. Dalam ini disebutkan bahwa menargetkan para pembeli mobil-mobil baru di situs web, travel, special interest dan keuangan justru lebih efektif bagi pemasaran merek yang lebih tinggi dari sekadar menempatkan iklan di situs-situs belanja otomotif pada umumnya.

Dari hampir 11,000 pembeli mobil baru di Amerika yang melakukan pembelian antara September atau Oktober 2005, 82% persen merupakan pengunjung situs-situs khusus, seperti mesin pencari Google, dan 72% Yahoo, 40% Expedia dan 35% situs perjalanan Tarvelocity. Sedang dari Edmunds.com, situs khusus otomotif, hanya 12%.

Hal ini semakin menunjukkan bahwa yang utama adalah bagaimana suatu produk yang diiklankan harus mampu menjangkau calon pembeli potensial, dalam hal ini kendaraan. Dan itu tidak harus masuk ke situs-situs khusus otomotif, melainkan dapat saja di situs-situs lainnya dimana calon pembeli potensial berada.

"Dalam hal Internet Advertising, begitu seorang konsumen mengunjungi situs penjualan otomotif, sebenarnya mereka sudah mengerucutkan pertimbangan mereka untuk membeli mobil jenis apa, yang berarti bahwa para pengiklan online telah kehilangan suatu peluang merek yang ideal (ideal branding opportunity)," ujar Steve Witten dari J.D. Power.

"Dengan memokuskan pada perilaku pembeli mobil baru di Internet sebelum mereka secara aktif membeli kendaraan baru berikutnya, maka para pemasar otomotif dapat mengidentifikasi situs-situs Web dengan peluang tertinggi untuk menjangkau para pembeli prospektif yang lebih efektif dari sebelumnya.”

Related story:
Auto Sellers Parking In the Wrong Spaces Online?

0 people have left comments

Commentors on this Post-