Persaingan Platform Teknologi Mobile TV
- Posted: Wednesday, August 09, 2006
- |
- Author: pradhana
Salah satu penelitian yang dilakukan di Jerman menunjukkan bahwa 78% konsumen menginginkan layanan mobile TV – siaran TV yang dapat dinikmati melalui layar telepon selular atau perangkat portabel lainnya - dan itu merupakan suatu ide yang sangat menarik, sementara 82% lainnya bersedia membayar sebesar 12.50 euro (£8.41) per bulan. Di Helsinki, 41% peserta pilot proyek mobile TV menunjukkan keinginan mereka terhadap layanan mobile TV dan 50% bersedia membayar langganan tetap sebesar 10 euro (£6.73).
Penelitian Siemens terhadap 5.300 pengguna selular di Brazil, Kanada, Cina, Jerman, Italia, Korea Selatan, Rusia dan Amerika menunjukkan bahwa 74% peserta survei menginginkan akses email bergerak, sedang 59% layanan Mobile TV.
Mobile TV tampaknya akan menjadi layanan baru yang banyak diminati orang. Selama 75 tahun, TV telah dianggap sebagai “killer application”, dimana sebagian orang pasti pernah atau terus menonton TV hingga waktu cukup lama. Di Korea, layanan ini cukup berhasil, karena sejak diluncurkan Desember 2005, kini telah berhasil menghimpun sebanyak 600 ribu pelanggan.
Mobile TV, sesungguhnya memiliki beragam platform teknologi, yang saat ini masing-masing berusaha untuk mengambil pengaruh sebagai platform mainstream di layanan ini. Setidaknya ada empat platform teknologi utama yang kini banyak diujicobakan.
Pertama, DVB-H (Digital Video Broadcasting for Handheld) yang merupakan versi mobile dari standar TV digital internasional, yang dikembangkan di Eropa. DVB-H mengadopsi teknologi DVB-T, sistem televisi terrestrial digital yang khusus digunakan di ponsel, yang merupakan penggabungan antara video digital konvensional dengan IP (Internet Protocol). Teknologi ini, cocok digunakan untuk layanan digital TV broadcasting melalui jaringan digiTV (sama sekali tanpa menggunakan jaringan telepon selular).
DVB-H dianggap sebagai teknologi Mobile TV terbaik saat ini, didukung oleh vendor besar, antara lain Nokia (Finlandia), Philips (Belanda), Texas Instrument, Motorola, Truespan Semiconductors (AS), NEC (Jepang), Siano (Israel), Dipcom (Perancis) dan Frontier Silicon (Inggris).
Kedua, MediaFLO (Forward Link Only), yang didasarkan pada teknologi CDMA dari Qualcomm, Amerika Serikat. Ini merupakan suatu solusi end-to-end yang komprehensif, yang dapat secara bersamaan dan berbiaya murah untuk menghantarkan konten multimedia (audio dan video), baik berupa klip maupun streaming, yang berkualitas tinggi dan dalam jumlah besar ke ponsel pengguna.
Layanan multimedia multicasting berbasis teknologi FLO ini merupakan suatu air-interface independent, sehingga dapat digunakan untuk menambah layanan suara dan dan data operator CDMA2000/EV-DO dan UMTS/HSDPA, karena dapat menghantarkan konten ke ponsel yang sama menggunakan jaringan 3G ini.
Ketiga, T-DMB (Terrestrial-digital Media Broadcast) yang diinisiasi oleh pemerintah Korea Selatan. T-DMB memungkinkan para broadcasters menghantarkan proram TV ponsel, laptop atau PDA, meski tengah bergerak, melalui pemancar terrestrial konvensional. Teknologi ini kini tak hanya digunakan di Korea, tetapi juga di India, Eropa dan sebagainya.
Keempat, DAB (Digital Audio Broadcasting)-IP, yang menyiarkan radio dan televisi melalui Internet. DAB dipancarkan melalui jaringan terrestrial networks, sehingga dapat menerima layanan audio tanpa gangguan atau distorsi sinyal. Selain layanan audio, juga teks, gambar, data dan, bahkan, video, serta mobile TV.
Selain teknologi kategori mahal, juga tersedia teknologi yang lebih murah dan sederhana, meski menggunakan 3G, seperti MBMS dan turunannya - TDtv dan IPWireless. Teknologi ini hanya mendukung beberapa kanal saja. T-DMB termasuk teknologi kategori berbiaya rendah, yang selain digunakan di Korea, juga di Inggris (BT dan Virgin Mobile).
Belakangan juga muncul teknologi proprietary yang disebut Cell Multimedia Broadcast (CMB) yang dikembangkan Huawei Technologies dan Sunday Communications. Teknologi ini digunakan oleh PCCW, operator telekomunikasi incumbent Hong-Kong. Teknologi ini digunakan untuk menyediakan kanal keuangan 24-jam dan melayani 110.000 pelanggan PCCW.
Dibandingkan 3G, kemampuan CMB lebih baik, yakni mampu melayani 250 pelanggan dalam satu sel, menyiarkan layanan terus-menerus, dan mampu menjangkau lebih banyak orang pada saat bersamaan. Menurut Huawei, CMB merupakan bentuk awal dari MBMS (Multimedia Broadcast Multicast Service), standar 3GPP untuk cell broadcasting. Dengan CMB, di manapun pelanggan berada, selama tersedia jaringan 3G, maka ia akan mendapatkan layanan Mobile TV.
Related Topics:
Global Mobile TV Subscriptions to Reach 65 Million by 2010
T-DMB spurs interest in mobile TV in Korea
Format wars over mobile TV
Broadcast mobile TV revenues to hit $11.7bn
Search-
Google Reader-
Blogging For Business-
Internet Business-
Recommended Links-
E-Commerce Optimization-
FastPitch, NiceOffers-
Sponsor Ad-
Blog Feeds-
You Are The Visitor No:-
Categories-
- 3G dan 4G (23)
- 3G Femtocell (8)
- Ad Spending (53)
- Ad Trends (6)
- Advertising (58)
- Advertising Metrics (3)
- Apple (28)
- Assets Management (2)
- Biometric Passport (1)
- BlackBerry (11)
- Blogging (9)
- Bluetooth (8)
- Brand and Branding (8)
- Broadband (45)
- Business Analysis (100)
- China (20)
- China Mobile (1)
- Commercial Telematics (1)
- Consumer Spending (1)
- Content Business (3)
- Cybercriminal (1)
- Data Security (2)
- Digital Content (106)
- Digital Home (2)
- e-Commerce (25)
- Enterprise 2.0 (1)
- Facebook (13)
- Friendster (1)
- Gadget (11)
- Global Ads Alliance (3)
- Going Green (1)
- Google (39)
- Google Ad Planner (2)
- Google Adwords (1)
- Google Android (10)
- Google Chrome (3)
- GPS (1)
- Handsets (13)
- Home Theater (1)
- HSDPA (2)
- HTC (2)
- Huawei (1)
- In-Game Ads. (1)
- India (10)
- Instant Messaging (3)
- Internet (26)
- Internet Advertising (139)
- Internet Explorer (1)
- Internet Users (30)
- iPad (1)
- iPhone (28)
- iPhone 3G (1)
- iPhone Advertising (5)
- iPod (5)
- IPTV (18)
- IT Business (3)
- IT Security (2)
- iTunes (4)
- Linux (5)
- Market Survey (306)
- Marketing (42)
- Media Market (7)
- Merger-Acquisition (29)
- Microsoft (21)
- Miscellaneous (76)
- Mobile Ads Revenue (10)
- Mobile Advertisers (2)
- Mobile Advertising (94)
- Mobile Applications (3)
- Mobile Broadband (4)
- Mobile Browser (1)
- Mobile Browsing (1)
- Mobile Business (7)
- Mobile Consumers (2)
- Mobile Content (90)
- Mobile Data (3)
- Mobile Data Revenue (2)
- Mobile Digital Media (5)
- Mobile Entertainment (1)
- Mobile Gaming (5)
- Mobile Market (20)
- Mobile Marketing (3)
- Mobile Messaging (1)
- Mobile Payments (2)
- Mobile Services (119)
- Mobile Shopping (1)
- Mobile Social Network (23)
- Mobile Technologies (1)
- Mobile TV (28)
- Mobile Video (14)
- Mobile Video Ads (2)
- Mobile Video Market (11)
- Mobile Widgets (5)
- Mobile-PRIZM (1)
- Motorola (10)
- MySpace (28)
- Netbook (1)
- New Format (2)
- New Trends (1)
- Nokia (28)
- Online Advertising (95)
- Online Banking (1)
- Online Business (8)
- Online buyers (1)
- Online Gaming (9)
- Online Services (176)
- Online Shopping (4)
- Online Spending (4)
- Online Travel (1)
- Online TV (3)
- Online Video (23)
- Online Video Ads. (16)
- Opera (3)
- PayPal (2)
- Phishing (2)
- PNDs (4)
- Podcasting (8)
- Premier Ultimate (1)
- Qualcomm (4)
- RFID (4)
- Samsung (2)
- Skymarket (1)
- Smartphone (12)
- SMS-based Advertising (1)
- Social Media (3)
- Social Network (39)
- Social Network Marketing (2)
- Sony Ericsson (5)
- Target and Segmentation (2)
- Texting (3)
- Ultra Wideband (5)
- User-Generated Content (2)
- Verizon Wireless (2)
- Video Game (1)
- Video on Demand (5)
- Video Surveillance (2)
- VoIP (15)
- Web 2.0 (9)
- Web Marketing (1)
- White Space (19)
- Wi-Fi (16)
- WiMAX (11)
- Windows Mobile (3)
- Wireless Market (7)
- Wireless Services (45)
- Yahoo (31)
- You Tube (24)
Blog Archive-
Lemon Twist Blogger Template is an extremely beautiful blogger template created by JackBook.Com based on Lemon Twist Wordpress themes by farfromfearless.com. Thanks to Chris Murphy and Jacky Supit for this great template.
- Copyright © 2008-2011 ICT & Internet Business. All Rights Reserved. Powered by Blogger
- Back To Top
- Log in
- Blogger
- Home
Recent Comments-