ICT and Internet Business is an Independent Blog Focusing on ICT and Internet Business, eBusiness, Digital Media, Online Advertising, Internet Marketing, Mobile and Wireless, etc.

Beriklan di Situs Social Networks Meningkat

  • Posted: Saturday, August 12, 2006
  • |
  • Author: pradhana

Meningkatnya jumlah pengguna Internet di seluruh dunia ditambah munculnya berbagai macam saluran iklan di Internet, baik melalui email, blog, search engine, media lainnya maupun game (advergame), semakin mendorong kalangan perusahaan untuk lebih aktif memanfaatkannya untuk pemasaran produk-produk mereka.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Forrester Research, yakni melalui survei terhadap eksekutif pemasaran yang dilakukan akhir Desember 2005 lalu, diketahui bahwa 13% responden melakukan kegiatan pemasarannya melalui blogs atau social networks pada saat yang sama. Tetapi, 51% lainnya menyatakan bahwa mereka akan sepenuhnya menggunakan cara itu dalam 12 bulan setelah disurvei.

Menurut Debra Aho Williamson, Senior Analyst eMarketer, dalam tulisannya Hooking Up With Social Networks, mengungkapkan bahwa situs jaringan sosial (social networks) – seperti MySpace, Classmates, Facebook, YouTube, MSN Space, termasuk yang semakin dinimati. Ini dibuktikan dengan masuknya WPP Group untuk berinvestasi dalam arena social networking. Hal ini semakin menunjukkan bahwa kalangan agensi periklanan dunia sudah mulai menyadari pengaruh social networks terhadap periklanan, begitu juga mengurangi atau menutup perolehan keuntungan dari investasi mereka.

Selain WPP Group, Interpublic Group juga menyatakan bahwa ia akan mengembangkan program-program pemasaran bagi kliennya di situs jaringan sosial Facebook. Interpublic diperkirakan akan membelanjakan sekitar 10 juta dolar AS untuk beriklan di situs-situs jaringan sosial tersebut.

1 people have left comments

Anonymous

Anonymous said:

Pak Insa, terima kasih atas data surveynya. Data tersebut sangat bermanfaat.

Bagaimana dengan Indonesia? Apakah perusahaan-perusahaan di Indonesia sudah banyak yang memanfaatkan Situs Social Networks untuk memasarkan produknya?

Btw, menurut saya content dari blog Pak Insa sangat menarik.

Commentors on this Post-