Strategi Samsung: Selalu Menjadi yang Pertama
- Posted: Saturday, March 18, 2006
- |
- Author: pradhana
Pertarungan di pasar ponsel dunia, kini tak lagi hanya bagaimana menyediakan ponsel-ponsel yang memiliki kemampuan yang lebih prima, canggih dan gaya, melainkan sudah masuk ke dukungan fasilitas yang, dalam hal tertentu, mendorong konvergensi. Lihat saja bagaimana ponsel-ponsel terkini hampir tak bisa lagi dibedakan, apakah ia ponsel berkamera atau, sebaliknya, kamera berponsel. Di sisi lain, ada juga ponsel walkman, yang juga bisa dilihat walkman berponsel.
Namun yang cukup menarik disimak adalah, evolusi kamera di ponsel, yang awal-awalnya dulu hanya sebagai pelengkap, kini tidak lagi. Strategi ini, bukan saja semakin mendorong banyak orang mengenal kamera digital, karena secara bersamaan menggunakan ponsel, dan belakangan banyak orang juga benar-benar membeli kamera digital, baik yang poket maupun setidaknya yang SLR. Lahan peperangan pun mulai merambah di pasar konvergensi ini, yakni kamera dan ponsel, yang keduanya sama-sama canggih, fungsional dan mumpuni.
Dalam pasar semacam ini, Samsung tampil selalu menjadi yang pertama mengeluarkan ponsel dengan built-in kamera digital dengan kemampuan yang prima, layaknya kamera mandiri (stand alone). Posisi ini yang tampaknya terus dikejar perusahaan asal Korea Selatan ini dalam berkompetisi di pasar ponsel
Tahun 2004, Samsung memunculkan ponsel SPH-S2300 yang memiliki fitur lensa zoom optikal 3X dari Pentax, sebagaimana digunakan pada kamera-kamera konvensional. Dengan begitu, ponsel tak lagi berkamera, tetapi kesan kuatnya justru kamera berponsel.
Maret 2005, juga di acara CeBIT, Samsung kembali menunjukkan sebagai yang pertama meluncurkan ponsel berkamera 7-megapiksel dengan lensa optical zoom - SCH-V770. Padahal, tahun sebelumnya, ponsel yang hampir sama diluncurkan, namun hanya dengan kamera 3-megapiksel.
Dengan semakin meningkatnya kualitas kamera, yang sudah sampai ke 7-megapiksel, jelas semakin dibutuhkannya kapasitas simpan yang lebih besar. Hal itu yang kemudian mendorong munculnya ponsel berharddisk, seperti ditunjukkan Samsung pada kamera SGH-I300 yang menyediakan kapasitas hingga 3GB dan menjadi yang pertama di pasar, atau merupakan ponsel kedua yang ber-harddrive. Kemudian diikuti oleh SPH-V7900 yang juga berkapasitas hard drive 3GB. Karena, sebelumnya Samsung telah mengeluarkan SPH-V5400, yang berkapasitas hard drive 1,5 GB.
Menempatkan dirinya untuk menjadi yang pertama, terus dilakukan Samsung. Belum lama ini, di ajang CeBit, yang berlangsung pada tanggal 9-15 Maret 2006 di Hannover, Jerman, Samsung kembali membuat debutan dengan akan diluncurkan ponsel berkapasitas 8GB di semester kedua 2006 ini untuk pasar Eropa. Ponsel ini menggunakan sistem operasi Windows Mobile 5.0 dari Microsoft.
Menariknya, di tahun 2009 mendatang, diperkirakan tak kurang dari 72 juta ponsel ber-harddrive akan dikapalkan, dari total 1 miliar handset yang digunakan di seluruh dunia pada saat yang sama. Dengan posisi seperti itu, maka pasar ponsel lebih besar dari pasar personal storage dan portable audio player, yang diperkirakan masing-masingnya hanya sekitar 10 juta dan 43 juta unit pada saat itu.
Ponsel baru ini kompatibel dengan teknologi GSM (Global System for Mobile Communications), GPRS (General Packet Radio Service), and EDGE (Enhanced Data Rates for GSM Evolution) dan menggunakan sistem operasi smartphone, Windows Mobile 5.0.
Tak hanya itu, pada ajang CeBit 2006, perusahaan elektronik asal negeri ginseng ini juga berencana untuk meluncurkan ponsel berkamera 10-megapiksel [SCH-B600] di kuartal kedua tahun ini. Ponsel tersebut juga siap digunakan untuk menonton TV berbasis teknologi DMB (Digital Multimedia Broadcasting) dan telah dilengkapi dengan fasilitas MP3, Bluetooth dan EV-DO.
Foto-foto: Life from Cebit: Samsung's SCH-B600 10-megapixel cameraphone [engadget]
Search-
Google Reader-
Blogging For Business-
Internet Business-
Recommended Links-
E-Commerce Optimization-
FastPitch, NiceOffers-
Sponsor Ad-
Blog Feeds-
You Are The Visitor No:-
Categories-
- 3G dan 4G (23)
- 3G Femtocell (8)
- Ad Spending (53)
- Ad Trends (6)
- Advertising (58)
- Advertising Metrics (3)
- Apple (28)
- Assets Management (2)
- Biometric Passport (1)
- BlackBerry (11)
- Blogging (9)
- Bluetooth (8)
- Brand and Branding (8)
- Broadband (45)
- Business Analysis (100)
- China (20)
- China Mobile (1)
- Commercial Telematics (1)
- Consumer Spending (1)
- Content Business (3)
- Cybercriminal (1)
- Data Security (2)
- Digital Content (106)
- Digital Home (2)
- e-Commerce (25)
- Enterprise 2.0 (1)
- Facebook (13)
- Friendster (1)
- Gadget (11)
- Global Ads Alliance (3)
- Going Green (1)
- Google (39)
- Google Ad Planner (2)
- Google Adwords (1)
- Google Android (10)
- Google Chrome (3)
- GPS (1)
- Handsets (13)
- Home Theater (1)
- HSDPA (2)
- HTC (2)
- Huawei (1)
- In-Game Ads. (1)
- India (10)
- Instant Messaging (3)
- Internet (26)
- Internet Advertising (139)
- Internet Explorer (1)
- Internet Users (30)
- iPad (1)
- iPhone (28)
- iPhone 3G (1)
- iPhone Advertising (5)
- iPod (5)
- IPTV (18)
- IT Business (3)
- IT Security (2)
- iTunes (4)
- Linux (5)
- Market Survey (306)
- Marketing (42)
- Media Market (7)
- Merger-Acquisition (29)
- Microsoft (21)
- Miscellaneous (76)
- Mobile Ads Revenue (10)
- Mobile Advertisers (2)
- Mobile Advertising (94)
- Mobile Applications (3)
- Mobile Broadband (4)
- Mobile Browser (1)
- Mobile Browsing (1)
- Mobile Business (7)
- Mobile Consumers (2)
- Mobile Content (90)
- Mobile Data (3)
- Mobile Data Revenue (2)
- Mobile Digital Media (5)
- Mobile Entertainment (1)
- Mobile Gaming (5)
- Mobile Market (20)
- Mobile Marketing (3)
- Mobile Messaging (1)
- Mobile Payments (2)
- Mobile Services (119)
- Mobile Shopping (1)
- Mobile Social Network (23)
- Mobile Technologies (1)
- Mobile TV (28)
- Mobile Video (14)
- Mobile Video Ads (2)
- Mobile Video Market (11)
- Mobile Widgets (5)
- Mobile-PRIZM (1)
- Motorola (10)
- MySpace (28)
- Netbook (1)
- New Format (2)
- New Trends (1)
- Nokia (28)
- Online Advertising (95)
- Online Banking (1)
- Online Business (8)
- Online buyers (1)
- Online Gaming (9)
- Online Services (176)
- Online Shopping (4)
- Online Spending (4)
- Online Travel (1)
- Online TV (3)
- Online Video (23)
- Online Video Ads. (16)
- Opera (3)
- PayPal (2)
- Phishing (2)
- PNDs (4)
- Podcasting (8)
- Premier Ultimate (1)
- Qualcomm (4)
- RFID (4)
- Samsung (2)
- Skymarket (1)
- Smartphone (12)
- SMS-based Advertising (1)
- Social Media (3)
- Social Network (39)
- Social Network Marketing (2)
- Sony Ericsson (5)
- Target and Segmentation (2)
- Texting (3)
- Ultra Wideband (5)
- User-Generated Content (2)
- Verizon Wireless (2)
- Video Game (1)
- Video on Demand (5)
- Video Surveillance (2)
- VoIP (15)
- Web 2.0 (9)
- Web Marketing (1)
- White Space (19)
- Wi-Fi (16)
- WiMAX (11)
- Windows Mobile (3)
- Wireless Market (7)
- Wireless Services (45)
- Yahoo (31)
- You Tube (24)
Blog Archive-
Lemon Twist Blogger Template is an extremely beautiful blogger template created by JackBook.Com based on Lemon Twist Wordpress themes by farfromfearless.com. Thanks to Chris Murphy and Jacky Supit for this great template.
- Copyright © 2008-2011 ICT & Internet Business. All Rights Reserved. Powered by Blogger
- Back To Top
- Log in
- Blogger
- Home
Recent Comments-