Outsourcing
- Posted: Saturday, November 12, 2005
- |
- Author: pradhana
Sebelumnya, memberikan kepada perusahaan lain pekerjaan yang seharusnya dikerjakan sendiri, terlebih-lebih bila itu inti bisnis yang di jalankan, bukan saja tabu tapi riskan. Kalaupun harus diberikan ke pihak lain, hal itu akan diikuti dengan sederet persyaratan yang terkadang sangat rumit. Itu pun masih dibayang-bayangi dengan rasa “was-was” dan “ragu”, apakah tidak akan dibohongi.
Namun, sekitar awal 1990an, ketika komputer dan teknologi informasi mulai banyak digunakan di perusahaan-perusahaan, khususnya dengan dibentuknya departemen TI tersendiri, memberi pekerjaan ke pihak lain, yang istilah kerennya outsourcing, semakin banyak dilakukan. Masalahnya tidak hanya karena ketidakmampuan melakukannya dengan baik, tetapi masih banyak alasan lain yang tidak memungkinkan melakukannya. “Kita tidak menguasai bisnis TI,” ujar para eksekutif beralasan, “karenanya lebih baik kita outsource saja ke pihak lain yang dapat melakukannya lebih baik”. Bukankah dengan begitu kita dapat lebih berkonsentrasi ke inti bisnis yang kita lakukan?
Outsourcing seperti mendapatkan momentum baru seiring dengan penggunaan teknologi informasi, yang banyak digandrungi para eksekutif. Internet, dan platform komunikasi yang dibangunnya di perusahaan-perusahaan, telah memungkinkan terjadinya aliansi, bukan alinasi, dan hubungan yang mulai semakin banyak dirasakan kalangan perusahaan. Aliansi boleh dibilang menjadi kata lain dari outsourcing ini. Misalnya saja, peritel Internet Amazon.com Inc. (www.amazon.com) dan peritel elektronik Circuit City Stores Inc. (www.circuitcity.com) bekerjasama sebelum masa liburan datang. Hal itu memungkinkan pelanggan Amazon masuk ke Amazon, membeli kamera digital, dan mengambil barangnya di Circuit City terdekat. Jika kamera tersebut rusak karena jatuh dan tak dapat digunakan lagi, penggantinya tersedia dan dapat diambil di Circuit City. Dalam hal ini, Amazon mengoutsource layanan pelanggannya ke Circuit City.
Pola yang ditunjukkan oleh kerjasama antara Amazon dan Circuit City ini menunjukkan bahwa outsourcing dilihat dari sudut yang berbeda. Outsourcing tidak hanya dilakukan karena kita tidak dapat melakukannya saja, melainkan berubah menjadi suatu aliansi strategis karena dimilikinya keunggulan-keunggulan tersendiri, yang jika disatukan akan membentuk suatu kekuatan baru yang lebih powerful. Sekarang, bahkan proses bisnis yang bersifat lintas departemen, seperti logistik, manufaktur bahkan riset, sekalipun telah banyak dioutsource ke perusahaan lain. Hasil riset Gartner Group menunjukkan bahwa outsource proses bisnis dunia bertumbuh sebesar 23% setahun dan nilainya mencapai $300 miliar pada 2004.
Bagaimana dengan batasannya? Apakah semuanya bisa dioutsource? Beberapa perusahaan melihatnya hampir tak ada batasnya. Bayer AG, perusahaan farmasi raksasa Jerman, bahkan telah mengoutsource hampir 30% area kegiatan yang dapat menghancurkan perusahaan: riset dan pengembangan jangka panjang. Di lingkungan industri farmasi, sekitar 20% pengembangan obat-obatan sekarang ini telah dioutsource, dan perusahaan riset Frost & Sullivan memperkirakan bahwa hingga 2004 sekitar 42% dari semua pembiayan pengembangan obat-obatan farmasi ($38.4 miliar) akan dikeluarkan untuk biaya outsourcing mitra bisnis.
Namun, perusahaan masih saja dapat melakukan kesalahan jika mereka hanya melihat kemampuan perusahaan sebagai suatu entitas tersendiri dan tidak mempertimbangkan seberapa besar pengaruhnya terhadap bidang-bidang lainnya. Mungkin hasilnya berupa peningkatan efisiensi, namun efisiensi tidak berada di dunia vakum, ia mempengaruhi dan dipengaruhi oleh bidang lainnya.
Yang juga tak kalah serunya dan perlu mendapat perhatian adalah “scope” pekerjaan dan fleksibilitas dalam melakukannya. Karena, perubahan waktu terkadang membutuhkan perubahan atau penyesuaian, yang bukan tidak mungkin justru akan semakin membuatnya optimal.
Search-
Google Reader-
Blogging For Business-
Internet Business-
Recommended Links-
E-Commerce Optimization-
FastPitch, NiceOffers-
Sponsor Ad-
Blog Feeds-
You Are The Visitor No:-
Categories-
- 3G dan 4G (23)
- 3G Femtocell (8)
- Ad Spending (53)
- Ad Trends (6)
- Advertising (58)
- Advertising Metrics (3)
- Apple (28)
- Assets Management (2)
- Biometric Passport (1)
- BlackBerry (11)
- Blogging (9)
- Bluetooth (8)
- Brand and Branding (8)
- Broadband (45)
- Business Analysis (100)
- China (20)
- China Mobile (1)
- Commercial Telematics (1)
- Consumer Spending (1)
- Content Business (3)
- Cybercriminal (1)
- Data Security (2)
- Digital Content (106)
- Digital Home (2)
- e-Commerce (25)
- Enterprise 2.0 (1)
- Facebook (13)
- Friendster (1)
- Gadget (11)
- Global Ads Alliance (3)
- Going Green (1)
- Google (39)
- Google Ad Planner (2)
- Google Adwords (1)
- Google Android (10)
- Google Chrome (3)
- GPS (1)
- Handsets (13)
- Home Theater (1)
- HSDPA (2)
- HTC (2)
- Huawei (1)
- In-Game Ads. (1)
- India (10)
- Instant Messaging (3)
- Internet (26)
- Internet Advertising (139)
- Internet Explorer (1)
- Internet Users (30)
- iPad (1)
- iPhone (28)
- iPhone 3G (1)
- iPhone Advertising (5)
- iPod (5)
- IPTV (18)
- IT Business (3)
- IT Security (2)
- iTunes (4)
- Linux (5)
- Market Survey (306)
- Marketing (42)
- Media Market (7)
- Merger-Acquisition (29)
- Microsoft (21)
- Miscellaneous (76)
- Mobile Ads Revenue (10)
- Mobile Advertisers (2)
- Mobile Advertising (94)
- Mobile Applications (3)
- Mobile Broadband (4)
- Mobile Browser (1)
- Mobile Browsing (1)
- Mobile Business (7)
- Mobile Consumers (2)
- Mobile Content (90)
- Mobile Data (3)
- Mobile Data Revenue (2)
- Mobile Digital Media (5)
- Mobile Entertainment (1)
- Mobile Gaming (5)
- Mobile Market (20)
- Mobile Marketing (3)
- Mobile Messaging (1)
- Mobile Payments (2)
- Mobile Services (119)
- Mobile Shopping (1)
- Mobile Social Network (23)
- Mobile Technologies (1)
- Mobile TV (28)
- Mobile Video (14)
- Mobile Video Ads (2)
- Mobile Video Market (11)
- Mobile Widgets (5)
- Mobile-PRIZM (1)
- Motorola (10)
- MySpace (28)
- Netbook (1)
- New Format (2)
- New Trends (1)
- Nokia (28)
- Online Advertising (95)
- Online Banking (1)
- Online Business (8)
- Online buyers (1)
- Online Gaming (9)
- Online Services (176)
- Online Shopping (4)
- Online Spending (4)
- Online Travel (1)
- Online TV (3)
- Online Video (23)
- Online Video Ads. (16)
- Opera (3)
- PayPal (2)
- Phishing (2)
- PNDs (4)
- Podcasting (8)
- Premier Ultimate (1)
- Qualcomm (4)
- RFID (4)
- Samsung (2)
- Skymarket (1)
- Smartphone (12)
- SMS-based Advertising (1)
- Social Media (3)
- Social Network (39)
- Social Network Marketing (2)
- Sony Ericsson (5)
- Target and Segmentation (2)
- Texting (3)
- Ultra Wideband (5)
- User-Generated Content (2)
- Verizon Wireless (2)
- Video Game (1)
- Video on Demand (5)
- Video Surveillance (2)
- VoIP (15)
- Web 2.0 (9)
- Web Marketing (1)
- White Space (19)
- Wi-Fi (16)
- WiMAX (11)
- Windows Mobile (3)
- Wireless Market (7)
- Wireless Services (45)
- Yahoo (31)
- You Tube (24)
Blog Archive-
Lemon Twist Blogger Template is an extremely beautiful blogger template created by JackBook.Com based on Lemon Twist Wordpress themes by farfromfearless.com. Thanks to Chris Murphy and Jacky Supit for this great template.
- Copyright © 2008-2011 ICT & Internet Business. All Rights Reserved. Powered by Blogger
- Back To Top
- Log in
- Blogger
- Home
Recent Comments-