ICT and Internet Business is an Independent Blog Focusing on ICT and Internet Business, eBusiness, Digital Media, Online Advertising, Internet Marketing, Mobile and Wireless, etc.

Podcasting: Audiens Meningkat, Pendapatan Iklan Tidak

Setiap hari jumlah podcasts (siaran pesan-pesan lisan melalui Internet) terus bertumbuh. Tak kurang dari 10 juta orang, dewasa ini, telah mengunduh dan mendengarkan podcast. Namun, kalangan analis menilai bahwa peningkatan jumlah podacst, pada saat yang sama, tak menghasilkan pertumbuhan pesat pendapatan dari podcasting (penyiaran pesan).

Lemahnya standar penempatan iklan di podcast dan tidak adanya pengukuran pendengar (audience) yang terpercaya merupakan dua kelemahan untuk mendorong perkembangan podcast melebihi dari yang diperkirakan dapat dicapai tahun lalu, yakni sebesar 80 juta dolar AS. Tetapi, podcast-podcast khusus tampaknya memiliki pendengar tertentu yang mendorong mereka memperoleh penghasilan yang menarik dari podcast ini.

Mignon Fogarty, yang membuat podcast khusus berupa petunjuk penggunaan tata-bahasa yang umum digunakan, membuktikan diri bisa memperoleh hasil menarik dari podcast. Grammar Girl, salah satu podcast milik Fogarty berada di urutan teratas dari 100 daftar podcast paling popular di iTunes yang setiap minggunya diunduh sebanyak 150.000 kali.

Keberhasilan ini pula yang membawa Fogarty tampil di acara “The Oprah Winfrey Show”, tawaran iklan dan buku yang membuatnya tahun ini menerima sekitar 100,000 dolar AS. Karenanya, dia memutuskan berhenti dari pekerjaannya sehari-hari sebagai penulis tetap dokumen-dokumen teknis di bioteknologi dan rumah sakit dan menghabiskan 10-20 jam per minggu, kemudian berkonsentrasi penuh membuat podcast.

Karena podcasting ini muncul pada waktu blogging, social networks, dan layanan hantaran data RSS semakin meningkat nilai komersialnya, diharapkan ia akan menjadi fenomena Web berikutnya yang akan mencapai kejayaannya. Bayangkan saja, dibutuhkan waktu bertahun-tahun bagi para blogger dan penerbit yang menggunakan RSS mulai bertanya “Bagaimana caranya kita mendapatkan uang dari hal ini? Tetapi, Podcaster ternyata hanya membutuhkan waktu satu hari saja,” ujar Rick Klau, wakil presiden di FeedBurner, yang membantu para penerbit mendistribusikan blog dan podcast.

Meskipun, sebenarnya, bagi podcaster hal ini tak juga mudah, bahkan bagi podcaster yang memiliki podcaster yang popular, seperti Grammar Girl “Quick and Dirty Tips for Better Writing”. Sejumlah podcasters bekerjasama dengan FeedBurner, Podtrac adan kerjasama lainnya dengan kalangan agensi dan para pemasar. Hanya saja kerjasama ini biasanya berlangsung hanya dalam tiga bulan, karena pada pengiklan tak begitu yakin terhadap efektivitas podcast.

Dalam kasus Fogarty, banyak kalangan menilai keberhasilan Fogarty dengan podcast-nya merupakan suatu kekecualian. Karena sebenarnya banyak podcast yang juga hamper sama, yang memberi popetunjuk berbagai hal, mulai dari nasihat bagaimana mengelola uang Anda sampai pelajaran bahasa Italia. Di Amerika sendiri, jumlah para pengguna podcast hanya tumbuh dari 11% menjadi 13%, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil riset Edison Media Research. Itupun hanya podcast-podcast popular saja yang banyak diunduh dan didengarkan.

Namun, dengan semakin berkembangnya berbagai perangkat bergerak, seperti iPod dan smartphone yang berkemampuan memainkan podcast, diharapkan perkembangan podcast akan melesat dibandingkan sekarang ini. Ditambah lagi, jaringan iklan bekerja dengan ukuran-ukuran yang lebih canggih. Sementara, menurut Tim Bourquin, penggagas konperensi Podcast & New Media Expo yang sangat popular, "Di sisi produksi, kita jauh lebih matang, dimana banyak pendengar yang menginginkan kualitas suara yang baik dan lebih fokus pada subyek yang dibahas. Banyak orang yang kini sungguh-sungguh perhatian dengan kualitas podcast.”

0 people have left comments

Commentors on this Post-