ICT and Internet Business is an Independent Blog Focusing on ICT and Internet Business, eBusiness, Digital Media, Online Advertising, Internet Marketing, Mobile and Wireless, etc.

Tren Social Network

  • Posted: Tuesday, August 15, 2006
  • |
  • Author: pradhana

Belakangan ini, para pengguna Internet dunia mulai tertarik dengan situs-situs jaringan social (social networks). Fenomena YouTube.com dan MySpace.com tampaknya semakin menunjukkan perkembangan pesat tren itu. Ini lebih karena para pengguna Internet tak lagi sekedar disuguhi data atau informasi, termasuk gambar atau video, yang disediakan para pengelola situs web. Melainkan, para pengguna memiliki kemudahan, dan kebebasan dalam berpartisipasi untuk menyediakan konten yang sangat beragam.

Hasil pelacakan Nielsen//NetRatings pada bulan Juli 2006 menunjukkan hal itu, dimana terjadi pertumbuhan cepat dalam sejumlah merek situs web (web brand) yang mengusung pola jaringan sosial ini. Dari sepuluh merek web dengan pertumbuhan tercepat, lima di antaranya adalah situs web jaringan sosial.

Situs Image-hosting “ImageShack” menempati urutan keempat dari merek web dengan pertumbuhan tercepat, yakni meningkat 233% antara Juli 2005 dan Juli 2006, dari pengunjung unik sekitar 2.3 juta menjadi 7.7 juta. Sedang Heavy.com, sebuah situs video-sharing menempati urutan ke-5 dengan kenaikan 213%, dari sekitar 965,000 menjadi 3 pengunjung unik. Situs photo-sharing Flickr berada diurutan berikutnya dengan pertumbuhan sebesar 201%, dari 2.1 juta menjadi 6.3 juta pengunjung unik.

Di antara merek web teratas, MySpace yang mengalami pertumbuhan tercepat, yakni meningkat 183%, dari 16.2 juta pengunjung unik di bulan Juli 2005 menjadi 46.0 juta di bulan Juli 2006. Google menempati urutan kedua dengan petumbuhan 23%, dari 76.2 juta menjadi 94.0 juta, dan eBay berada di urutan ketiga teratas meningkat 13%, dari 51.1 juta menjadi 57.8 juta pengunjung unik.

Related story:
The Changing Pattern of the Web

0 people have left comments

Commentors on this Post-