Perlu Pikiran Lebih Jernih
- Posted: Saturday, November 05, 2005
- |
- Author: pradhana
Persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia terbukti tak hanya masalah ekonomi, seperti nilai tukar rupiah terhadap dolar yang tinggi, industri yang semakin terpuruk, dan berbagai kendala pertumbuhan ekonomi. Tak juga hanya masalah politik yang bernama demokrasi, yang kemudian membuat setiap orang seperti memiliki hak untuk teriak dan melakukan protes, sementara pada saat yang sama dia lupa bahwa orang lain juga memiliki hak yang sama. Tak juga hanya masalah korupsi yang kian merajalela di hampir semua lini birokrasi dan kehidupan bangsa, yang tidak lagi memunculkan rasa malu karena telah “menghianati” anak-anak bangsa sendiri.
Indonesia mengalami degradasi yang parah, yang bersifat multidimensional. Setiap orang ingin terkenal, tetapi tak mau bersusah payah meraihnya dengan benar. Setiap orang ingin kaya dan terhormat, tetapi ingin meraihnya secara gampang, instan dan tak peduli apapun caranya. Korupsi, penyalahgunaan wewenang, dan sejenisnya telah menjadi cara yang dianggap “wajar” dan “syah” untuk dilakukan. Semua ini menjadi kabut yang sangat pekat yang menyelimuti bangsa ini. Bencana demi bencana, berbagai musibah yang menimpa bangsa ini, dari tsunami, banjir, tanah longsor, merebaknya berbagai penyakit, sepertinya tak lagi menggetarkan jiwa banyak orang. Dan perilaku yang tidak benar itu pun sepertinya mengalir terus, tanpa tahu kapan akan berhenti dan siapa yang akan menghentikannya.
Dalam kondisi seperti itu, mungkin sangatlah naif, kalau kita masih berbicara mengenai penerapan teknologi informasi (TI) atau ICT, yang saat ini masih dikenali atau difahami oleh segelintir orang saja di negeri ini. Namun, apakah kenaifan itu yang akan terus kita bawa? Padahal bangsa ini tengah mengalami masalah yang sangat berat. Atau, akankah kita terus-menerus meneriakkan manfaat ICT bagi bangsa ini, tanpa upaya konkrit yang secara langsung bisa dirasakan oleh masyarakat?
Sebaliknya, apakah benar kalau kita berkomitmen menerapkannya di lingkungan birokrasi pemerintahan atau di mana saja dalam kehidupan masyarakat, hal itu akan berjalan sesuai dengan yang direncanakan sehingga memberikan hasil sebagaimana diharapkan? Pertanyaan ini, mungkin masih akan terus muncul, meskipun kita menyadari bahwa banyak negara di dunia yang telah berhasil mengambil manfaat dari perkembangan dan kemajuan ICT tersebut.
Hanya saja, mentalitas dan visi dalam melihat bagaimana kemajuan ICT dapat memberi manfaat yang optimal bagi kemajuan bangsa ini, memang masih menyisakan tanda tanya besar. Masih diperlukan upaya yang sungguh-sungguh untuk bisa berpikir jernih dan “kemauan” yang sungguh-sungguh untuk membangun bangsa ini.
Masalahnya, mungkin, tidak dengan ungkapan dan rencana yang muluk-muluk atau konsepsi yang besar-besar. Yang justru sangat diperlukan adalah kejernihan melihat masalahnya dari berbagai aspek, tak hanya ICT, tetapi juga lingkungan dan budaya masyarakat. ICT tak berdiri sendiri sebagai suatu solusi, melainkan ia akan menjadi bagian dari suatu sistem yang lebih besar, yang jauh lebih rumit.
ICT, memang, bukan segala-galanya, namun ICT bisa menjadi pendorong bagi perkembangan dan kemajuan bangsa ini, dan itu, hanya dan hanya jika, petinggi bangsa ini dan seluruh masyarakat menyadari arah perjalanan yang akan dituju. Visi bangsa yang jelas, dan langkah kecil yang diambilnya saat ini akan berdampak besar ke masa yang akan datang.
Ungkapan Aa Gym yang menyatakan “ Mulailah dari yang kecil, Lakukanlah dari saat ini, dan Mulailah dari diri sendiri” mungkin tepat diperhatikan dan diterapkan. Akan sangat sulit menghadapi masalah yang besar, kalau masalah yang kecil, yang ada di sekitar diri sendiri saja, tak mampu diatasi. Namun, lebih dari itu, yang justru diperlukan adalah suatu langkah konkrit yang menjadi visi bangsa ini ke depan. Hal itu harus dilakukan meskipun hal itu dimulai dari langkah-langkah kecil. Tentu, seberapa besar “langkah kecil” itu akan sangat tergantung pada siapa yang melakukannya? Kalau diri sendiri, mungkin sangat kecil, namun kalau negara yang melakukannya, maka itu akan menjadi “langkah kecil” yang besar, karena dia mencakup kepentingan bangsa.
Karenanya, saat ini, kita sangat membutuhkan suatu visi yang jelas, tak hanya dari pemerintah, lembaga-lembaga negara, universitas dan lembaga-lembaga lainnya, maupun masyarakat. Visi itulah yang sesungguhnya akan membimbing bangsa ini menuju ke masa depan. Kejelasan visi itulah yang kemudian akan semakin jelas menempatkan di mana ICT bisa berperan besar dalam upaya mewujudkan visi itu menjadi kenyataan di negeri ini. Bukan sebaliknya, ICT dilihat secara berlebih-lebihan atau segala-galanya bagi bangsa ini, yang kemudian hal itu akan lebih dilihat sebagai “pelaksanaan sebuah proyek”, yang akan menguntungkan siapa, dan bukan sebagai suatu solusi yang strategis bagi kemajuan bangsa ini hari ini dan di masa depan.
Kecuali, kalau kita memang tidak ingin bangsa ini maju sebagaimana bangsa lain di dunia mencapai kemajuan yang pesat saat ini. Wallahu alam.
Search-
Google Reader-
Blogging For Business-
Internet Business-
Recommended Links-
E-Commerce Optimization-
FastPitch, NiceOffers-
Sponsor Ad-
Blog Feeds-
You Are The Visitor No:-
Categories-
- 3G dan 4G (23)
- 3G Femtocell (8)
- Ad Spending (53)
- Ad Trends (6)
- Advertising (58)
- Advertising Metrics (3)
- Apple (28)
- Assets Management (2)
- Biometric Passport (1)
- BlackBerry (11)
- Blogging (9)
- Bluetooth (8)
- Brand and Branding (8)
- Broadband (45)
- Business Analysis (100)
- China (20)
- China Mobile (1)
- Commercial Telematics (1)
- Consumer Spending (1)
- Content Business (3)
- Cybercriminal (1)
- Data Security (2)
- Digital Content (106)
- Digital Home (2)
- e-Commerce (25)
- Enterprise 2.0 (1)
- Facebook (13)
- Friendster (1)
- Gadget (11)
- Global Ads Alliance (3)
- Going Green (1)
- Google (39)
- Google Ad Planner (2)
- Google Adwords (1)
- Google Android (10)
- Google Chrome (3)
- GPS (1)
- Handsets (13)
- Home Theater (1)
- HSDPA (2)
- HTC (2)
- Huawei (1)
- In-Game Ads. (1)
- India (10)
- Instant Messaging (3)
- Internet (26)
- Internet Advertising (139)
- Internet Explorer (1)
- Internet Users (30)
- iPad (1)
- iPhone (28)
- iPhone 3G (1)
- iPhone Advertising (5)
- iPod (5)
- IPTV (18)
- IT Business (3)
- IT Security (2)
- iTunes (4)
- Linux (5)
- Market Survey (306)
- Marketing (42)
- Media Market (7)
- Merger-Acquisition (29)
- Microsoft (21)
- Miscellaneous (76)
- Mobile Ads Revenue (10)
- Mobile Advertisers (2)
- Mobile Advertising (94)
- Mobile Applications (3)
- Mobile Broadband (4)
- Mobile Browser (1)
- Mobile Browsing (1)
- Mobile Business (7)
- Mobile Consumers (2)
- Mobile Content (90)
- Mobile Data (3)
- Mobile Data Revenue (2)
- Mobile Digital Media (5)
- Mobile Entertainment (1)
- Mobile Gaming (5)
- Mobile Market (20)
- Mobile Marketing (3)
- Mobile Messaging (1)
- Mobile Payments (2)
- Mobile Services (119)
- Mobile Shopping (1)
- Mobile Social Network (23)
- Mobile Technologies (1)
- Mobile TV (28)
- Mobile Video (14)
- Mobile Video Ads (2)
- Mobile Video Market (11)
- Mobile Widgets (5)
- Mobile-PRIZM (1)
- Motorola (10)
- MySpace (28)
- Netbook (1)
- New Format (2)
- New Trends (1)
- Nokia (28)
- Online Advertising (95)
- Online Banking (1)
- Online Business (8)
- Online buyers (1)
- Online Gaming (9)
- Online Services (176)
- Online Shopping (4)
- Online Spending (4)
- Online Travel (1)
- Online TV (3)
- Online Video (23)
- Online Video Ads. (16)
- Opera (3)
- PayPal (2)
- Phishing (2)
- PNDs (4)
- Podcasting (8)
- Premier Ultimate (1)
- Qualcomm (4)
- RFID (4)
- Samsung (2)
- Skymarket (1)
- Smartphone (12)
- SMS-based Advertising (1)
- Social Media (3)
- Social Network (39)
- Social Network Marketing (2)
- Sony Ericsson (5)
- Target and Segmentation (2)
- Texting (3)
- Ultra Wideband (5)
- User-Generated Content (2)
- Verizon Wireless (2)
- Video Game (1)
- Video on Demand (5)
- Video Surveillance (2)
- VoIP (15)
- Web 2.0 (9)
- Web Marketing (1)
- White Space (19)
- Wi-Fi (16)
- WiMAX (11)
- Windows Mobile (3)
- Wireless Market (7)
- Wireless Services (45)
- Yahoo (31)
- You Tube (24)
Blog Archive-
Lemon Twist Blogger Template is an extremely beautiful blogger template created by JackBook.Com based on Lemon Twist Wordpress themes by farfromfearless.com. Thanks to Chris Murphy and Jacky Supit for this great template.
- Copyright © 2008-2011 ICT & Internet Business. All Rights Reserved. Powered by Blogger
- Back To Top
- Log in
- Blogger
- Home
Recent Comments-